ResepNila - Resep Minuman Tradisional Bir Pletok Betawi Anda sering mengalami gangguan kesehatan masuk angin, asam urat, sering pegal – pegal?! Tak ada salahnya anda coba minuman khas Betawi, Bir Pletok. Minuman tradisional yang sekarang lagi naik daun ini dipercaya bisa membantu mencegah gangguan kesehatan diatas.

Bir Pletok terbuat dari campuran rempah-rempah asli Indonesia yaitu, sari jahe, kayu manis, daun pandan wangi, gula, sari bunga selasih dan akar-akaran. Warna merah pada minuman sengaja dimunculkan untuk membuatnya lebih menarik dengan menambahkan kayu secang pada proses pembuatnnya.




Minuman unik Bir Pletok Betawi ini sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu, yang menurut cerita legendanya sengaja dibuat untuk menyaingi beer Belanda yang bisa bikin mabuk. Ya, kalo kita bisa buat minuman yang menyegarkan dan menyehatkan, kenapa harus membeli yang memabukkan dan merusak tubuh.
Bagi pembaca ResepNila yang ingin mencoba bikin sendiri, anda bisa mencoba resep mudah cara membuat bir pletok.

Bahan Yang Dibutuhkan:
a. 1½ liter air.
b. 150 ml gula pasir.
c. 1 batang kayu manis.
d. 3 batang serai.
e. 50 gram jahe, kupas, memarkan.
f. kayu secang.
g. ½ sdt garam.
h. 1 sendok kopi bubuk.

Cara Membuat Minuman Tradisional Bir Pletok Khas Betawi :
  1. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan kayu manis, serai, kopi bubuk, jahe dan kayu angin, masak sampai beraroma.
  2. Masukkan gula pasir dan garam, kecilkan api, rebus kembali 15 menit, angkat.
  3. Hidangkan panas atau dingin (diminum hangat akan lebih nikmat).
Bir Pletok siap di sajikan untuk seluruh pendukung dan tim sukses Gubernur Jakarta yang berhasil menjaga Pilgub aman dan kondusif. He..he...he... biar semakin segar deh.

Salam Kuliner ResepNila....!
==================================================== 
Inspirasi Pojok Dapur
"Jangan hanya mengenyangkan perutmu dengan makanan dan minuman enak, tapi kenyangkan juga jiwamu dengan asupan rohani bergizi tinggi."
 

ResepNila; Resep Minuman Tradisional Bir Pletok Betawi

Surabaya identik dengan Kota Gule Kambing...
Ha?!...
Mau diomelin warga Surabaya?!
Meski gule kambingnya enak dan khas, tapi Surabaya tetep Kota Pahlawan, kota kebanggaan warga Jawa Timur.

Surabaya Kota panas, memang dari dulu Surabaya ya panas, kalau mau dingin ke Malang. Panas adalah ciri khas Surabaya lainnya. Meskipun begitu, kuliner Surabaya tetap bisa memberikan yang terbaik bagi anda terutama penggila kuliner berat Gule Kambing. Resepnila akan coba telusuri satu – satu warung, depot yang punya menu Gule enaknya.

Ketemu deh, ada 5 Rumah Makan yang perlu anda cicipin gule kambingnya saat anda berada di Surabaya, Kota Pahlawan kebanggan Indonesia ini!

 
1.  Gule Kambing Ala Timur Tengah Depot Ampel

Sedang berburu kuliner di Surabaya? Tak lengkap rasanya jika tidak ngicipin menu Gule Kambing Ala Timur Tengah Depot Ampel yang terletak di Jalan Walikota Mustajab no. 33 B. Seperti masakan yang berbahan dasar daging kambing yang diolah dengan bumbu yang bercitarasa khas hingga menjadi masakan lezat menggugah selera meliukkan lidah. Berbagai bumbu rempah yang membuat makanan memiliki rasa yang gurih dan enak. Rasa bumbu rempahnya cukup terasa. Tekstur daging kambing sangat empuk dan lembut. Bicara harga, kayanya setimpal kok jika dengan 45.000,- untuk satu porsi komplit.  Gulai Kambing Rp 35.000,-. Nasi putih Rp 6.000,-. Teh Rempah Rp 4.000,-.


Depot Ampel mulai beroperasi pada tahun 1994, usia puluhan tahun kayanya udah bisa membuat rumah makan milik M. Fathony kenyang dengan pengalaman. Terbukti dengan semakin banyaknya pelanggan dan bertambah luasnya tempat yang pada waktu tertentu bisa harus ngantri karena semua kursi  telah terisi.


2.  Gule Pucang Ngagel Jaya
 
Pilihan kuliner kedua adalah Gule Pucang Ngagel Jaya. Warung ini lebih tua lagi usianya, buka pertama kali tahun 1977. Mungkin ada sebagian pembaca resepnila yang belum lahir tahun itu ya?!... He..he...he... Saking tuanya, bahkan ada pelanggan yang tiga generasi bertahan hatinya pada warung Sate dan Gule Pucang ini. Tentu, rasa tetap bisa bohong. Kesetiaan turun temurun dari kakek, anak sampai cucu pada satu tempat makan khas ini karena pemilik warung yang turun temurun juga ini bisa menjaga kualitas menu yang dihidangkan pada para pelangganya.

3. Sate Gule Mat Bagong,

Kalo pas ke mesjid Agung di daerah Menanggal,Gayungsari dan sekitarnya.Ngga afdol kalo ngga mampir ke Warung sate dan Gule MAT BAGONG.Lokasinya persis di ruko Perumnas Menanggal (tepatnya di sebelah INDOMARET ).Bukanya dari jam 1700 -2200(bukan apa2..abis jam 22.00 dagangan udah abis,jack!)


Baca juga kuliner gule kambing Jakarta, 7 Warung Kuliner Gulai Kambing Jakarta






4. Depot Sate dan Gule WIJAYA

Depot yang terletak Jalan Demak Surabaya ini cukup rame dikunjungi pembeli, karena Gule dan satenya emang enak. Yakin kalo gak enak gak akan ada yang mau datang,.. atau kalaupun datang ya hanya sekali dan ak akan pernah kembali. Lokasinya yang stategis, cukup mudah untuk dicari terutama penggila gule yang baru sekali datang ke Surabaya. Bilang ajak sama super taxi, carikan saja Depot Sate dan Gule WIJAYA.. gampang kan?

Harga sangat bersahabat, Gule Kambing , Rp. 10.000/ porsi,Sate Kambing Rp. 17.000/ 10 Tusuk so untuk traveller yang anti makanan mahal silahkan nikmati kemeriahan gule sate Surabaya di sini.


5. Depot Sate Gule Kambing Mekarsari




Beberapa penggemar kuliner berat, pernah menyampaikan kalau Depot atau warung sate kambing di Surabaya rasanya belum ada yang dikemas yang berbau modern dalam bentuk cafe atau restoran. Ya,... mau bagaimana lagi ini kan satu pilihan bagi pengusaha kuliner Surabaya yang kurang bisa baca peluang. Kebanykan memang masih model tenda pinggir jalan yang buka malam hari karena nunggu toko yang mau dimanfaatkan terasnya tutup. Termasuk juga depot Mekarsari ini, walaupun ada bangunan permanennya tapi masih belum seberapa nyaman. Padahal kalo tempat uenak, seenak makanannya kan pengunjung bisa mejeng, selfi- selfian bentar so sekalian bisa bantu promo depotnya.



Eh, sampe lupa ni alamatnya yang mau nyoba kelezatan Gule n Sate Suroboyonya..

Depot Sate Kambing Mekarsari
Jl. Pucang Kalibokor
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Oke pembaca, semoga info 5 warung gule kambing Surabaya ini bisa memudahkan anda berburu kuliner di Surabaya. Jika anda punya info menarik tentang kuliner nusantara, ga usah ragu untuk menghubungi kami. Trims,..salam kuliner resepnila, salam liuk lidah goyang lezat nusantara!

======================================================
Fakta Tentang Kambing yang perlu anda ketahui:
"Ternyata penemu kopi pertama kali adalah Kambing, dan ini terjadi di benua Afrika, tepatnya di negeri Ethiopia"

5 Warung Kuliner Gulai Kambing Surabaya


Resep Kue Kering Tanpa Terigu.
ResepNila - Gak terasa ternyata sudah puluhan kali  melewati lebaran. Usia kita terus bertambah Ibu – Ibu, semakin tua. Zamanpun telah berubah, meskipun tidak semua. Yang tak berubah, salah satunya adalah tradisi kue kering sebagai menu wajib ada di setiap lebaran. Tapi ada menarik dari yang akan kita bahas kali ini, kue kering tak bernama dengan resep kue kering tanpa terigu-nya. Namanya kok aneh toh? Gak bisa kasih nama keren atau yang jelas kah?

Tanya aja sama penemu resep aneh ini, Nathan Jimbro Alie pemilik blog karpetbasah.blogspot.com  yang kreatif ngutak atik resep masakan. Sebagai penghormatan pada karya Mas Nathan, Resepnila sengaja tidak mengubah atau memberi nama resep ini. Tapi kalu pembaca ada yang mau kasih nama sendiri, silahkan saja biar lebih mudah menyebutnya.  Simak dan langsung praktek aja biar ada hasil yang bisa dimakan, resep kue kering tanpa menggunakan terigu:

Bahan:
a. Tepung sagu tani/kanji/tepung tapioka 600 g
b. Margarin 350 g
c. Gula halus 300 g
d. Kuning telur 3 butir
e. Santan kental 60 ml
f. Keju edam, parut 60g
g. Garam halus ½ sdt



Cara Membuat Kue Kering Tanpa Terigu :
  1. Sangrai tepung sagu/kanji dengan api kecil selama 15 menit.
  2. Di tempat terpisah, kocok margarin, gula halus dan garam hingga lembut. Tambahkan kuning telur, aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu dan keju parut ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Semprotkan ke atas loyang beroles margarin. Taburi atasnya dengan keju edam parut. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Panggang kue di dalam oven bertemperatur 150 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue kering, matang dan berwarna kuning kekcokelatan. Angkat, dinginkan. Kemas kue dalam stoples kedap udara.
Untuk hasil yang variatif, anda bisa mencoba menambah atau mengurangi bahan – bahan dari resep kue kering tanpa terigu ini, siapa tahu bisa menjadi lebih lezat atau bisa disesuaikan dengan selera goyang lidah kita. Sebelum dicicipin tamu yang berkunjung saat lebaran nanti, tentu kita yang  akan pertama kali ngerasain enak atau lezatnya kue bikinan kita sendiri. 
Oke?!..  
Semoga bermanfaat, dan bisa menggoyangkan lidah kuliner kita.
Salam Kuliner Resepnila!
Inspirasi  Pojok Dapur Resepnila 


"Hanya berpikir tentang makanan favorit saja bisa memicu pelepasan dopamin, yaitu hormon merasa-baik yang juga dihasilkan selama melakukan hubungan seks dan penggunaan narkoba"


"India memiliki tingkat konsumsi daging termurah di dunia per orang." 




ResepNila, Resep Kue Kering Tanpa Terigu

Resep Kue Kering Macaroons Cokelat

Resepnila- Warnanya yang menarik bisa membuat kita langsung tertarik saat melihat Kue Macaroon cokelat pada kali pertama. Kue ini disukai banget oleh anak – anak muda, bisa diliat saat jadi suguhan di rumah waktu lebaran... coba deh kalo gak percaya. Memang tak salah, jika mereka suka, selain warnanya bikin menarik, rasanya memang enak. Perpaduan rasa dan tampilan cantik warna –warni menjadi daya tarik tersendiri bagi kue satu ini




Mumpung lebaran masih jauh, ga ada salahnya nyoba bikin sendiri, jadi saat diperlukan nanti kita uda mahir membuatnya. Toh kita bisa nikmati bareng – bareng sama anak dan suami tersayang. Segera siapkan bahan resep kue kering macaroons cokelatnya, jangan ada yang terlewatkan:

BAHAN :
a. 2 putih telur
b. 180 gram gula pasir halus (kastor)
c. 1/4 sdt cream of tartar
d. 2 sdt cokelat bubuk
e. 75 gram cokelat masak, serut, bekukan
f. 75 gram kelapa parut kering
Cara Membuat Kue Kering Macaroon Cokelat
Kalau bahan sudah siap semua coba ikuti satu demi satu step cara membuatnya:
  1. Panaskan oven dengan temperature 150 derajat celcius, siapkan loyang pipih, alasi dengan kertas roti, sisihkan.
  2. Kocok putih telur bersama cream of tartar, masukkan gula pasir sedikit – sedikit, sambil terus di kocok sehingga mengembang dan kaku.
  3. Masukkan Cokelat bubuk, aduk rata, tambahkan potongan cokelat masak beku dan kelapa parut kering.
  4. Cetak adonan dengan menggunakan 2 sendok teh, bentuk bulat.
  5. Panggang selama 45-60 menit, buka sedikit pintu oven bila terlalu panas. Setelah kue mengering dan matang, keluarkan dari oven, setelah dingin angkat dari loyang.
  6. Simpan di stoples kedap udara dan anda telah menyiapkan hidangan lezat kue kering macaroon cokelat untuk lebaran yang akan datang.
Enaknya kue kering sebagi sajian lebaran untuk tamu yang tak sanggup lagi makan ketupat saya yakin sudah bisa mereka senang. Apalagi saat ngobrol mereka bertanya apakah kue ini beli? Tolong ya, jangan lupa sampaikan kalau anda dapat resep kue kering enak ini dari Resepnila..he...he...he.. 
Mau mencoba resep ke kering lainnya?! Baca juga  info Resep Kue Kering Wijen


Pojok Inspirasi Dapur Resepnila 

"Penuhi kebutuhan gizi pada tubuh anda, karena anda memerlukan tubuh yang siap beraktifitas hingga usia tua!"

Selamat menikmati hidangan buatan sendiri dengan orang – orang tercinta. 
Salam kuliner resepnila!


Resepnila; Resep Kue Kering Macaroons Cokelat