Anda bukan orang Jakarta? Tapi anda sering bepergian ke Jakarta? Atau paling tidak anda akan bebergian ke Jakarta dalam waktu dekat ini? Eh, anda penggemar Gulai Kambing kan? Kalau bukan penggemar Gulai kambing, anda boleh tidak melanjutkan membaca artikel ini. Tapi jika anda penggemar atau malah penggila Gulai Kambing, anda harus membacanya sampai tuntas. Pecinta kuliner olahan daging kambing, terutama Gulai Kambing akan selalu berusaha untuk mendapatkan menu favouritnya saat dia melakukan travelling kemanapun tujuannya. Tak terkecuali saat berada di Ibu Kota. So tulisan singkat ini semoga bisa membantu memuaskan lidah anda saat berburu kuliner gulai kambing.


Secara umum di Indonesia, kuliner olahan daging kambing hampir dibilang sudah merata di semua kota. Jadi tak ada alasan bagi anda untuk tidak menemukan saat bepergian di beberapa kota di Indonesia. Meskipun begitu resepnila tetap akan membantu anda berburu warung gulai yang ada di Jakarta.

1. SATE SOLO PAK AGUS


Di Warung Sate Solo Pak Agus yang berada di Jl Nusantara Raya Nusantara Raya No.184, Beji, Depok ini memang menyediakan Gulai Kambing meski sesuai dengan nama warungnya, Gulai Kambing bukan menu andalan utama. Kebanyakan orang makan di sini karena ingin mencicipi tongseng kambingnya yang terkenal kelezatannya. Tapi saya yakin, anda tetap bisa terpuaskan dengan masakan gulai khas Solonya yang bisa membuat lidah tak henti bergoyang. Menu berbahan daging kambing lain yang bisa kita nikmati selain tongseng, tentu saa sate kambing, dan rica- rica kambing.

 

2. Pondok Sate Kambing Muda H. Paijo

Gulai kambing muda selalu menjadi incaran para penggemar gulai, dan memang rata – rata daging kambing yang dipakai sebagai gulai adalah daging kambing muda. Seperti di Pondok Sate Kambing Muda H. Paijo, yang terletak di Jl. Pondok Ranji Raya No. 10, Bintaro Sektor 3, Bintaro, Jakarta ini. Gulai kambingnya terkenal uenak dan lembut dagingnya, meski harga agak lumayan, tapi sebanding dengan kepuasan yang anda dapatkan. Satu lagi kelebihan dari Pondok Sate Kambing Muda H. Paijo adalah, adanya taman bermain bagi anak – anak. Jika anda ingin menghabiskana waktu cukup lama karena acara tertentu, anda tak perlu khawatir anak-anak yang ikut akan bosan menunggu, karena mereka bisa main sepuasnya.


Cabang dari  Pondok Sate Kambing Muda H. Paijo ada di
1. JL.CIRENDEU RAYA No.24
PONDOK CABE

2. JL.HUSEN SASTRANEGARA No.41
RAWA BOKOR CENGKARENG TANGERANG.
3. JL.RAWA BUNTU No.18
BUMI SERPONG DAMAI-TANGERANG SELATAN


3. Sate Kambing H.Giyo, Jatinegara
Kelebihan Sate Kambing H.Giyo yang telah berdiri sejak 1974 ini adalah porsinya yang besar. Tidak hanya besar saja, namun soal rasa pun tidak perlu ditanya kembali lagi. Aroma sate yang terbakar saja sudah sangat menggugah selera anda, apalagi ketika dihidangkan. Meskipun potongan dagingnya besar, namun tekstur dagingnya tetap lembut dan aroma amis kambing tidak tercium.
Untuk satu ekor kambing itu dibagi menjadi 200 tusuk sate. Bisa anda bayangkan sendiri kan betapa besarnya porsi sate disini. Proses membuat sate nya pun masih menggunakan cara tradisional, yakni menggunakan anglo, arang dari batok kelapa dan juga kipas tradisional. Makan disini menjadikan pengalaman kuliner anda berbeda dengan yang lain. Racikan bumbunya pun juga spicy dan kaya rempah. Untuk satu porsi sate kambing, kira - kira dibanderol dengan harga Rp 40 ribu. Satu porsinya berisi 10 tusuk sate. Tidak hanya sate kambing, menu lain pun tersedia seperti sate ati, sate ayam, tongseng, tengkleng hingga gulai.
Alamat: Jl. DI Panjaitan no.42 Jatinegara, Jakarta
Jam Buka : 10.00 – 23.00

5. PSK (Penggemar Sate Kiloan), Jagakarsa



Seperti di beberapa rumah makan menu daging kambing lainnya, jarang yang menggunakan nama Gulai sebagai nama rumah makannya.  PSK (Penggemar Sate Kiloan) ini memang terkenal sama satenya, tapi gulenya juga uenak! Jika anda ke Jakarta minimal anda pernah ngicipin meski sekali seumur hidup... tapi biasanya sih ketagihan pingin ngulang lagi. Harga gule standar satu porsi nya Rp.36.000,- 

6. Sate Palmerah / Kim Tek, Kedoya


Siapa yang ga kenal sama sate Kim Tek ini? Enak banget, bahkan sampai gulainya dahsyat rasanya! Lo mesti ke sini deh! Cobain bareng sate nya, di jamin puas!


ENAK BANGET!!!  Jika anda  termasuk orang yang jarang makan daging kambing, mungkin ini adalah saat tepat untuk membuat perkecualian.  Gulai kambing di sini benar – benar lembut dagingnya, dengan  kuah santannya yang memancing selera dan meliukkan lidah anda tak akan rugi sedikitpun. Menu lain, sate kambing? Ga usah ditanya! Enak tenan!! Harga masih terjangkau kocek 5.000,- /per tusuk. Dan satu lagi,

Sop Kambingnya kuahnya sedap banget hingga bikin kita merasa sayang jika tidak bisa ngbisin kuahnya.
 



7. Gulai Tikungan Blok M

Di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan terdapat sebuah tempat kuliner yang menjadi tempat makan favorit sejak dulu, yaitu gultik. Gultik merupakan singkatan dari gulai tikungan, karena banyak pedagang gulai yang berjualan di tikungan jalan tersebut.
Ada sekitar 15 pedagang gulai di kawasan belakang Blok M Plaza tersebut. Beberapa dari mereka sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu. Meskipun tergolong kuliner kaki lima, kawasan gultik selalu ramai pengunjung. Mulai yang bermobil sampai pejalan kaki pun pernah makan di sini.

Rasa gulai tikungan yang khas ini menjadi penyebab kawasan ini sangat diminati oleh banyak orang. Dengan kuah santan yang tidak begitu kental dan gurih disiramkan diatas sepiring nasi, ditambah taburan bawang goreng, kecap, dan kerupuk pasti akan menggugah selera anda. Untuk seporsi gultik ini dibanderol hanya dengan harga sekitar Rp 30.000.

Alamat: Jl. Mahakam (Food Truck), Bundaran Blok M Plaza, Blok M, Jakarta
Jam Buka: 16.00 – 24.00

Baca juga  resep membuat gulai kambing di rumah

Kayanya tujuh tempat ini sudah mewakili referensi kuliner gule kambing di Ibu Kota tercinta. Atau anda punya usul tuk kami masukkan ke dalam daftar list kuliner gule kambing Jakarta? Ga usah ragu, hub kami segera di kang.ogi39@gmail.com



    Mutiara Pojok Dapur Resepnila      
 Bayarlah kesehatan hari tua anda dengan memakan makanan sehat hari ini.

7 Warung Kuliner Gulai Kambing Jakarta



Resep Gulai Kambing Enak

ResepResepnila - Jika anda orang indonesia tulen, kemudian anda bilang belum pernah ngerasain enaknya gulai kambing, maka ketulenan anda bisa dipertanyakan. Apalagi jika anda benar – benar belum pernah melihat menu masakan populer di se antero Indonesia ini? Lebay ya?!...  Lha mau dibilang apa, kalo faktanya memang Gulai Kambing adalah salah satu masakan terpopuler di Indonesia yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai wilayah di republik ini.

Menu masakan gulai memang  tersebar luas di Nusantara, terutama di Sumatera dan Jawa serta Semenanjung Malaya. Hidangan ini berasal dari Sumatera sebagai hasil pengaruh dan penerapan seni memasak India yang kaya akan rempah dan bumbu seperti kari. Gulai adalah salah satu bumbu hidangan dasar yang paling dikenal dalam Masakan Minangkabau, kuah gulai yang berwarna kuning ini menjadi bumbu dan memberikan citarasa bagi berbagai macam hidangan yang disajikan di rumah makan Padang. Kuah atau bumbu gulai biasanya kental dalam hidangan Minangkabau, Melayu, dan Aceh, akan tetapi di Jawa kuah gulai lebih cair menjadi semacam sup yang dihidangkan panas-panas yang berisi daging atau jeroan kambing.


Gulai kambing adalah salah satu menu khas Indonesia, biasanya dibuat untuk santapan hari raya. Gulai kambing sangat enak dimakan bersama lotong atau ketupat lebaran. Pada saat umat Islam merayakan hari raya Qurban, bakalan banyak yang bikin menu gulai kambing.  Gak percaya? Coba deh survey di sekitar kamu saaat lebaran qurban nanti. Resep masakan Gulai Kambing  ini bisa dijadikan referensi buat anda, dan tentunya  bukan untuk masakan Hari raya Idul Adha . Meskipun sebanarnya kita bisa  makai  untuk menu harian asalkan tidak keseringan nanti bisa jadi hipertensi.


Mau coba bikin sendiri? Gak susah kok, yang penting bahan lengkap, hasil akan nikmat!
Bahan :
  • 1/2 kg daging kambing
  • 2 gelas santan encer
  • 2 gelas santan kental
Bumbu yang dihaluskan :
  • 8 cabe merah
  • 1 ruas jari kunyit
  • Jahe,laos
  • 1 sdt Ketumbar
  • ½ sdt jinten
  • ½ sdt lada
  • Garam
Bumbu yang diiris :
  • 8 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang sereh
Bumbu lainnya :
  • 3 buah cengkeh
  • Sedikit kayu manis dan biji pala
Cara membuat Gulai Kambing :
  1. Tumis bumbu yang diiris sampai harum.Kemudian masukan bumbu yg dihaluskan tumis sampai wangi.Tambahkan bumbu lainnya lalu masukan daging dan santan encernya, masak sampai daging berubah warna dan matang.
  2. Masukkan santan kental aduk - aduk sampai rata masak dengan api kecil, tunggu sampai santan mengeluarkan minyak. Angkat dan sajikan.
Jika anda sukses, dijamin akan ketagihan untuk mengulanginya lagi. Salam Kuliner Nusantara, Salam Resep Nila.



    Mutiara Pojok Dapur Resepnila      

“Penuhi Gizi anda, sehingga tubuh anda siap untuk segala aktifitas anda sampai usia tua.”

Resep Nila - Gulai Kambing Enak